Thursday, May 27, 2010

Bagaimana membersihkan AC Split unit

Ketika menggunakan suatu alat pendingin, adalah sangat penting untuk membersihkannya dari waktu ke waktu. Pembersihan suatu alat pendingin tidak luput daripada debu dan kotoran yang terkumpulkan dan meningkatkan terus di unit.

Dari pengertian yang aesthetic, pembersihan juga membuat udara bersih yang spick. Ketika membersihkan suatu alat pendingin, perkakas yang penting yang diperlukan adalah talang, penghisap debu, sikat tangan, sebuah kaleng oli, kain lap, deterjen atau pembersihkan bahan-kimia dan obeng dan tang.



Karena unit alat pendingin berbentuk jendela, langkah yang pertama adalah memindahkan saringannya. Setelah pemindahannya, air harus menetes pada tempatnya dan menggunakan suatu kain lap, deterjen harus digunakan pada saringan. Setelah saringan menjadi bersabun, bilaslah dengan sepenuhnya memasukkannya ke bak/wadah air panas dan dibiarkan untuk sekitar 15 menit. Setelah 15 menit, haruslah dibilas dengan panas dan air dingin dan menggantungkan/meletakkan  hingga kering.

Setelah itu, bagian kisi-kisi harus dipindahkan dari bagian  utama. Proses pengaturan suhu modern Unit mempunyai palang pintu dan dengan hanya memindahkan palang pintu, kisi-kisi dapat diambil ke luar. Setelah cover dipindahkan, tutup yang metal harus diambil ke luar dengan melepas sekrupnya. Sekrup dapat diletakkan di suatu wadah. Kemudian oli fan harus diambil ke luar untuk melihat lubang oli menggunakan obeng. 3 atau 4 tetesan minyak harus diberikan pada lubang oli. Kemudian kotoran dan debu harus dipindahkan dari sirip menggunakan sikat.

Setelah kotoran hilang, permukaan harus disemprot dengan jetpump. Setelah 15 beberapa menit, air panas harus dituangkan pelan-pelan untuk memindahkan semua kotoran. Ketelitian sangat diperlukan agar air tidak terpancar ke kabel atau elektrik dan kawat dan coil. Jika ada sirip yang bengkok perlu segera diluruskan.


Pada proses ini tekanan harus tepat dan sesuai. Karena proses membersihkan dengan air sangat diperlukan. Ketika jetpump berisi tekanan tinggi maka sirip harus ditangani dengan ketelitian ekstrim.

Kemudian suatu kain lap harus digunakan untuk sekaan mata pisau fan. Langkah yang terakhir adalah ke ruang hampa keseluruhan unit yang mencakup bagian bawah tutup yang metal. Kelebihan air harus dialirkan ke luar dan pengatur suhu harus ditempatkan kembali dengan benar dan dalam keadaan kering.

 Karena alat pendingin tanpa saluran pipa dan dipisah, pembersihan adalah yang sangat gampang. Langkah yang pertama adalah untuk membuka bagiannya. Haruslah dibersihkan dan mengeringkan. Kemudian saringan perlu untuk diambil ke luar dan yang dibersihkan dengan cara yang sama seperti diuraikan di awal. Setelah ini yang diperlukan adalah suatu tas plastik besar untuk melangkah maju lebih lanjut.

Plastik harus ditempatkan di bawah unit sedemikian sehingga terpasang dengan unit. Dengan satu tangan yang memegang sisi kantong, sedemikian sehingga dapat menangkap apapun kotoran dan debu yang segera keluar dari unit, orang yang membersihkan juga harus membersihkan bagian evaporator dan baling-balingnya. Ini harus dilaksanakan sangat secara hati-hati sedemikian sehingga keseluruhan permukaan coil dan baling-baling.















 Nozzle jetpump harus dekat dengan coil dan baling-baling sebisa mungkin. Proses ini dilaksanakan sekitar 10 menit, penyemprot harus diisi dengan air panas dan putaran penyemprotan lain harus dilaksanakan untuk mencuci bersih-bersih kotoran dan debu.



Selagi proses ini, kantong harus dipegang secara hati-hati sedemikian sehingga semua kotoran dan debu dapat dibersihkan dari unit, seperti bahan-kimia dan air harus jatuh masuk ke plastik . Air harus bertekanan agar air kotor mengalir keluar. Kemudian unit harus dibersihkan hingga kering sebelum digunakan kembali. Jetpump juga harus dibuka, dibersihkan dengan bahan-kimia dan vacuumed. Kepedulian harus dikira coil pemadat sebab yang dikandungnya  tekanan tinggi memasang gas. Setelah proses ini, unit akan  lebih dingin dan lebih baik.

No comments:

Post a Comment